gambar
Hari Ini :

Beranda » Info SMAIT » Kuatkan Pembentukan Karakter pada MOS (Masa Orientasi Siswa) di SMAIT Nur Hidayah

Jumat, 28 Juli 2017 - 10:33:54 WIB
Kuatkan Pembentukan Karakter pada MOS (Masa Orientasi Siswa) di SMAIT Nur Hidayah
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Info SMAIT - Dibaca: 1011 kali

(Sukoharjo, 20 Juli 2017) Pendidikan karakter adalah modal menjadi bangsa yang maju, seperti halnya yang disampaikan oleh menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy dalam sambutannya disebuah sekolah di Kalimantan Tengah, dalam sambutannya  beliau mengingatkan kembali pentingnya sinergi tripusat pendidikan, yaitu sekolah, orangtua, dan lingkungan rumah, dalam gerakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).

Dalam rangka memperkuat pendidikan karakter tersebut OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) SMAIT Nur Hidayah melaksanakan Masa Orientasi Siswa yang menekankan pada pembentukan  karakter pada siswa.Kegiatan yang mengusung nilai-nilai karakter ini bertempat di lingkungan sekitar SMAIT Nur Hidayah yang dilaksanakan pada hari Senin-Kamis, 17-20 Juli 2017 dengan diikuti oleh 186 siswa.

Kegiatan dalam MOS ini diantaranya adalah pembiasaan kedisiplinan dengan apel pembuka dan penutup, penyampaian materi penanamkan Visi tentang Apa yang dicari di Nur Hidayah dan penguatan Akhlak dan Adab dalam menuntut ilmu serta rahasia Sukses dengan analisa potensi diri. Selain kegiatan-kegiatan tersebut  siswa juga dilatih dalam pembentukan Life Skill yaitu dengan Fun Cooking, yaitu siswa dibagi beberapa kelompok dan membuat kreasi masakan yang terbuat dari tahu. Untuk bekal hidup bermasyarakat juga dilaksanakanlah kegiatan Bakti Masyarakat “Making Someone smile” yaitu membagikan bahan sembako kepada masyakat di desa Pucangan Kartasura Sukoharjo. Pada akhir acara MOS ini ditampilkan semua ekstra yang berada di SMAIT Nur Hidayah yang dikemas dalam acara Extracurricular Perfomance 2017.

“Menurut saya, MOS yang dilaksanakan SMAIT Nur Hidayah ini menambah kedisiplinan, menambah banyak ilmu serta menambah bekal  dalam kehidupan , selain itu yang terkesan adalah bisa interaksi dengan masyarakt secara langsung, pokoknya positif “ komentar dari Mbak Fatimah salah satu peserta dari MOS ini.

Menurut kepala sekolah SMAIT Nur Hidayah Heri Sucitro, S.Pd. “MOS ini bertujuan untuk mengenalkan lingkungan sekolah ini, serta menanamkan pendidikan karakter dari awal supaya para siswa mempersiapkan diri menjadi calon pemimpin masa depan yang mempunyai  karakter mulia sehingga bangsa Indonesia ini menjadi bangsa yang besar”.

Sebagai kontrol dari kegiatan ini Pengurus MPS (Majelis Permusyawaratan Siswa) membentuk Posko advokasi 2017. Tujuan pembentukan posko advokasi ini adalah untuk membantu terciptanya MOS yang lebih baik serta sebagai wadah pernyampaian serta penyaluran aspirasi, saran dan keluhan dari siswa baru tentang MOS SMAIT Nur Hidayah yang dipanitiai oleh OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) SMAIT Nur Hidayah.