gambar
Hari Ini :

Beranda » Info SMAIT » CATATAN SINGKAT DIKLATSAR BSMR ANGKATAN 1

Senin, 20 Maret 2017 - 09:48:23 WIB
CATATAN SINGKAT DIKLATSAR BSMR ANGKATAN 1
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Info SMAIT - Dibaca: 1317 kali

Beberapa waktu yang lalu, Pendidikan dan Pelatihan Dasar (DIKLATSAR) Bulan Sabit Merah Remaja (BSMR) Angkatan 1 Sukses dilaksanakan. DIKLATSAR BSMR kali ini mengusung tema Solidaritas Dalam Jiwa Relawan.

Kegiatan dimulai pada Jum’at 24 Februari 2017 pukul 16.00 WIB dengan apel pembukaan yang dihadiri 41 peserta SMA Islam Terpadu. Peserta terdiri dari 17 peserta putra dan 24 peserta putri. Apel pembukaan ini diampu sepenuhnya oleh Faisal Imam Prasetyo, S.Pd selaku Pembina BSMR SMAIT Nur Hidayah.

Acara kemudian dilanjutkan dengan kegiatan pemanasan fisik dan longmarch dengan dua pos pemberhentian sementara. Dibawah rintik hujan, peserta DIKLATSAR BSMR mengenakan mantol dan berjalan menyusuri dengan jarak tempuh sekitar 8 KM. Pada 3.5 KM pertama, peserta sampai pada pos pemberhentian pertama untuk melaksanakan ibadah Sholat Maghrib berjamaah, beristirahat dan menghafal Al Quran bersama sampai dengan Isya’. Diantara Maghrib dan Isya’ cuaca didominasi oleh hujan yang cukup  deras, namun tidak tampak sedikitpun rasa takut atau putus asa di mata para peserta.

Sekitar pukul 19.37 WIB, longmarch kembali dimulai. Checking kelengkapan peserta dilakukan sebelum pemberangkatan. Dengan berjalan satu lajur para peserta menapak rute yang berdampingan dengan jalan umum sembari selalu melantunkan ayat suci Al Qur’an. Senter dan lampu jalan menjadi sumber penerang bagi para peserta DIKLATSAR BSMR ditengah gerimis yang selalu mengguyur. Dua peserta hampir menyerah ditengah longmarch, namun semangat dan dukungan dari teman-temannya menyurutkan keinginan untuk menyerah. Disinilah nilai solidaritas mulai terpupuk secara nyata.

Pukul 21.38 WIB, peserta sampai di pos pemberhentian kedua. Disini peserta diberi waktu sesaat untuk beristirahat dan memeriksa kondisi rombongan. Peserta juga dimotivasi agar bertahan karena finish tinggal beberapa ratus meter saja. Sampai di pos pemberhentian kedua ini, hujan mulai mengguyur dengan deras, sekali lagi peserta menunjukan ketangguhannya. Langkah demi langkah mulai ditapaki untuk mencapai tempat finish di Kompleks Syamsul Arifin Majid.

Pukul 22.05 WIB, peserta sampai di lokasi finish dan mulai menerima instruksi oleh Pembina Kegiatan Lapang (*Faisal IP*) untuk membangun tenda, memasak, dan mempersiapkan kebutuhan istirahat malam. Peserta kemudian bergegas membagi tugas sesuai dengan instruksi masing-masing kapten kelompok. Tercatat, 16 menit untuk membangun tenda, 20 menit untuk merapikan dan mempersiapkan kebutuhan istirahat malam serta dibersamai dengan 65 menit memasak. Pukul 23.20 WIB, peserta berkumpul di koridor gedung timur SMAIT Nur Hidayah untuk makan malam bersama. Malam ini peserta didampingi oleh Ustadzah Ninik A, S.Si selaku pendamping tamu dari SMAIT Nur Hidayah. Pada pukul 23.50 WIB, peserta memasuki tenda masing-masing dan tidur. Dibawah langit yang mendung para peserta terlelap dengan perasaan dan mimpinya masing-masing.

Sabtu, 25 Maret 2017 pukul 03.00 WIB, peserta dibangunkan untuk membongkar tenda dan dilanjutkan dengan Sholat Malam di Syamsul Arifin Majid. Walau mata belum terbuka benar, tangan mereka cukup terampil dan cekatan dalam mengemasi peralatan. Acara dilanjutkan dengan sholat malam, tilawah Qur’an dan sholat Subuh.

Setelah sholat Subuh usai, peserta berkumpul di lapangan untuk apel pagi, pemanasan dan persiapan lari. Pagi ini menu lari peserta dibedakan menurut gendernya. Putra berlari 3 km sedangkan putri hanya berlari sejauh 2 km. Joging kali ini cukup untuk menjaga ritme DIKLATSAR BSMR. Usai jogging pagi, peserta dipersilakan untuk mandi dan bersiap untuk mengikuti kegiatan Sabtu pagi di sekolah. Pukul 07.00 WIB, peserta di kumpulkan di lapangan Utara Gedung Barat SMAIT Nur Hidayah untuk pemberian instruksi bahwa acara akan dilanjutkan seusai kegiatan sekolah pada pukul 13.00 WIB dengan materi penuh dari tim pelatih Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) cabang Surakarta.

Pukul 13.00 WIB, peserta berkumpul di lantai 2 Syamsul Arifin Majid, untuk mengikuti materi dasar BSMR dan Teknik Bantuan Hidup Dasar oleh tim pelatih Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI). Acara berlangsung dengan interaktif berselang-seling antara materi dan praktik dipandu oleh pelatih-pelatih muda yang enerjik sehingga DIKLATSAR ini terasa sangat menyenangkan. Sesi DIKLATSAR bersama BSMI ini berakhir pada pukul 20.00 WIB, peserta DIKLATSAR diberikan kesempatan istirahat sampai dengan pukul 21.00 WIB.

Sabtu 25 Maret 2017 pukul 21.00 WIB, nampak ketahanan fisik peserta mulai menurun dengan aktivitas fisik yang tidak seperti hari-hari biasa. Beberapa peserta Nampak mulai mengendur semangatnya, namun sekalilagi solidaritas dan rasa saling memiliki peserta DIKLATSAR BSMR mengalahkan keletihan tubuhnya. Saat komando dari Pembina Kegiatan Lapang datang, wajah-wajah letih itu kembali mendapatkan sinar semangat di matanya. Komando tidak begitu berbeda dengan malam sebelumnya yaitu peserta diminta untuk membangun tenda, memasak, dan mempersiapkan kebutuhan istirahat malam. Peserta kemudian bergegas kembali membagi tugas sesuai dengan instruksi masing-masing kapten kelompok. Tercatat, kecepatan pembangunan tenda meningkat dari 16 menit menjadi 10 menit, merapikan dan mempersiapkan kebutuhan istirahat malam meningkat dari 20 menit menjadi 15 menit serta peningkatan keterampilan keterampilan memasak juga meningkat dari 65 menit menjadi 50 menit dengan beberapa bahan yang lebih kompleks.Hal ini menunjukan adaptasi peserta dan pembagian tugasnya sudah mulai terjalin dengan baik.

Pukul 22.00 WIB, peserta berkumpul kembali di koridor gedung timur SMAIT Nur Hidayah untuk makan malam dan “Malam Mingguan” bersama pembina kegiatan lapang ditemani mie rebus dengan pola masak aman, telur, sosis, dan sayuran. Malam ini peserta didampingi oleh Ustadzah Anari WU, S.E selaku pendamping tamu dari SMAIT Nur Hidayah. Pada pukul 23.00 WIB, peserta memasuki tenda masing-masing dan tidur. Malam ini, di bawah langit yang tetap mendung para peserta masih terlelap dengan perasaan dan mimpinya masing-masing.

Ahad, 26 Maret 2017 pukul 03.00 WIB, peserta kembali dibangunkan untuk membongkar tenda dan dilanjutkan dengan Sholat Malam di Syamsul Arifin Majid. Acara dilanjutkan dengan sholat malam, tilawah Qur’an dan sholat Subuh. Setelah itu sama seperti hari sebelumnya, peserta berkumpul di lapangan untuk apel pagi, pemanasan dan persiapan lari. Rute lari Ahad pagi ini, semua berlari berurutan dipimpin kelompok peserta putra dan disusul kelompok peserta putri. Rute lari kali ini sejauh 3 KM, cukup berimbang untuk menyesuaikan kondisi fisik peserta DIKLATSAR. Setelah jogging pagi peserta dipersilakan untuk mandi dan berganti pakaian.

Pukul 07.30 WIB, siswa sudah berkumpul dalam barisan rapi di Lapangan Gedung Timur SMAIT Nur Hidayah. Siswa sarapan pagi secara berkelompok. Selanjutnya siswa beristirahat sejenak sampai pukul 08.30 WIB. Acara selanjutnya adalah uji fisik siswa, permainan perangkaian tandu, pelatihan pembangunan tenda efektif dan uji transportasi dalam pertolongan pertama sampai dengan 10.00 WIB.

Pukul 10.00, siswa dibariskan dilapangan dan dievaluasi aktivitasnya satu persatu peserta. Dari hasil evaluasi, didapati beberapa peserta memang melakukan kesalahan, namun masih dalam kategori bisa diterima sehingga menurut hasil akhir menyatakan bahwa 41 peserta DIKLATSAR BSMR dinyatakan LOLOS dan berhak DILANTIK

Ahad, 26 Maret 2017 pukul 11.00 WIB, Ketua BSMI cabang Surakarta dr. Dody Hermawan memberikan motivasi relawan dan melantik 41 peserta DIKLATSAR BSMR. Suasana haru mulai merebak, emosi yang terpendam selama DIKLATSAR tumpah ruah. Beberapa peserta meneteskan air mata. Acara ditutup dengan foto bersama dan bersih-bersih lingkungan dimana DIKLATSAR diadakan.

 

Faisal Imam Prasetyo, S.Pd

Pembina BSMR SMAIT Nur Hidayah