gambar
Hari Ini :

Beranda » Info SMAIT » Kegiatan Masa Orientasi Siswa SMAIT Nur Hidayah: Kreatif, Mandiri, dan Menyenangkan Sesama

Senin, 03 Agustus 2015 - 08:37:07 WIB
Kegiatan Masa Orientasi Siswa SMAIT Nur Hidayah: Kreatif, Mandiri, dan Menyenangkan Sesama
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Info SMAIT - Dibaca: 10519 kali

MOS hari kedua dilaksanakan pada Selasa, 28 Juli 2015 dengan tema “Kemandirian dan Kreatifitas”. Setelah apel pagi, peserta MOS diarahkan menuju lantai 3 ikhwan untuk memulai acara Seminar Alumni “Dare to Dream” yang mengundang 3 pembicara utama sebagai perwakilan alumni yang telah berhasil sukses. Faqih Abdurrohman yang kini mengambil jurusan kimia di UGM, menyampaikan kepada seluruh peserta mengenai pentingnya ridho orang tua dalam meraih cita-cita, Levina Almira selaku perwakilan Alumni angkatan 4 SMAIT Nur Hidayah, mahasiswi Institut Teknik Surabaya menyampaikan pentingnya bermimpi, motivasi dalam berprestasi, dan tips-tips untuk berprestasi. Pembicara 3 yaitu Annisa Hanafiyanti yang melanjutkan studinya di Universitas Indonesia ini menceritakan pengalamannya untuk teguh dan usaha-usaha keras yang dilaluinya dalam mewujudkan mimpinya. Annisa Hanafiyanti yang seorang hafidzah membuat peserta sangat berantusias bertanya seputar tahfidz dan tips-tipsnya. Peserta akhwat dan ikhwan pun juga berantusias bertanya ketika sesi tanya jawab. Panitia pun menyerahkan vendel sebagai kenang-kenangan, bingkisan, dan juga ucapan terimakasih kepada kedua pembicara.

Selanjutnya, panitia akhwat memberikan game seru kepada peserta MOS akhwat yaitu makan snack bersama dengan siku tidak boleh menekuk. Pesertapun harus saling menyuapi. Acara kemudian diisi dengan penyampaian materi  “Mengebiri rasa canggung” kepada peserta ikhwan oleh Ustadz Raharjo dan bertempat di lantai 3 gedung ikhwan. Sedangkan untuk akhwat, materi disampaikan oleh Ustadzah Fitri Hartati. Selanjutnya MPS memberikan sosialisasi mengenai kotak saran sebagai sarana penyampaian aspirasi, saran, dan kritik peserta mengenai jalannya MOS selama 2 hari ini. Usai berkumpul bersama musyrifah dan ISHOMA, peserta kembali menuju lantai 3 gedung ikhwan untuk mendapatkan “Pengenalan Kurikulum” dari Ustad Budi Lenggono selaku Wakasek Kurikulum. Ustad Budi Lenggono memberikan pengarahan mengenai kurikulum tahun ajaran 2015/2016 serta tujuan pendidikan nasional yang harus dipahami peserta siswa baru SMAIT Nur Hidayah.

Kegiatan selanjutnya adalah Game Hasta Karya. Dengan memanfaatkan barang-barang bekas seperti kardus bekas, botol plastic bekas maupun kertas-kertas bekas yang telah disediakan panitia, peserta sesuai dengan kelompok-kelompoknya masing-masing berkreasi membuat hasta karya yang menarik. Sesuai dengan tema MOS hari kedua yaitu “Kemandrian dan Kreatifitas”. Hasil karya pun dikumpulkan dan dinilai panitia untuk menentukan hasil karya yang terbaik dan terkreatif.

Kegiatan hari kedua diakhiri dengan sholat ashar dan al-ma’tsurat. Ba’da sholat ashar, perwakilan panitia PPTA memberikan briefing kepada peserta MOS di lapangan depan. Usai briefing, panitia melakukan pengecekan atribut kembali dan seusa itu, peserta diperbolehkan pulang.

Tanggal 29 Juli 2015 yang merupakan hari terakhir dari pelaksanakan MOS, mempunyai beberapa kegiatan yang sangat menyenangkan bertema “Sosial dan Kemasyarakatan”. Dimulai dengan apel dan cek atribut, yang dibimbing dan diarahkan oleh para panitia bagian sie tata tertib. Dilanjutkan dengan acara inti hari ini, yang bertemakan “Membahagiakan Orang Lain”. Bentuk Kegiatan dari acara ini adalah dengan kegiatan membantu orang lain disekitar kita, yang bertujukan untuk membangun rasa keikhlasan dalam hati dan saling tolong menolong sesama manusia. Dimana, para peserta bahkan telah melakukan beberapa persiapan seperti membuat pudding, es teh maupun alat tulis. Mereka pun membagikan barang-barang tersebut kepada warga dengan senang hati. Kegiatan ini berjalan kurang lebih selama 2 jam. Sekembalinya para peserta MOS menuju SMA IT Nur Hidayah, mereka  menjalankan istirahat dan tidak lupa sholat dhuha untuk semakin meningkatkan kedekatan kita dengan Yang Maha Pencipta.

Setelah istirahat beberapa lama, para peserta diarahkan untuk duduk di teras gedung belakang untuk menyaksikan kegiatan EXPO, yaitu penampilan beberapa ekstrakulikuler di SMAIT Nur Hidayah. Seperti nasyid, super chef, thifan, panahan, KIR, English Club dan basket. Dimana kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan ekstra-ekstra yang ada di SMAIT Nur Hidayah kepada siswa/I baru.  Kegiatan EXPO berjalan sukses dan lancer sampai dengan waktu Istirahat.

Usai penutupan, acara pun dilanjutkan dengan ISHOMA. Setelah para peserta selesai ISHOMA, mereka diarahkan kembali untuk menuju ke lantai 3 gedung utara untuk ikut dalam acara penutupan MOS 2015/2016. Sebagai perwakilan, 2 peserta masing-masing peserta akhwat dan ikhwan menyampaikan kesan dan pesan selama mengikuti MOS di SMA IT Nur Hidayah. Sangat menyenangkan, bisa terlihat dari wajah dan berbagai komentar para peserta MOS. Setelah itu, panitia dan peserta saling bermaafan dan berterimakasih untuk susksesnya acara MOS ini. Semoga, MOS tahun ini bisa dijadikan evaluasi untuk berbagai kegiatan lainnya.